Cara Membuat Tepung Daun Pepaya

Ketika Anda akan membuat makanan, maka yang pertama yang mesti Anda ketahui yaitu bahan dasar berupa apa yang perlu Anda pakai. Jika Anda akan memasak bubur ayam niscaya Anda akan terbayang bahan dasar berupa beras. Entah itu beras putih ataupun beras merah tergantung bubur ayam apa yang akan Anda buat.

Apabila Anda akan membuat kue donat untuk bisnis misalnya, maka akan segera terpikir bahwa bahannya adalah tepung. Tapi Anda tidak bisa begitu saja asal membeli tepung, sebab tepung ada berbagai macam.

Untuk setiap jenis tepung mempunyai kegunaan tertentu dan akan lebih maksimal jika digunakan untuk bahan dasar makanan tertentu. Terdapat juga tepung yang hanya digunakan sebagai makanan hewan peliharaan ataupun pupuk aneka tanaman.
Untuk menilai keunggulan bahan baku tepung dengan teliti memang mesti dilakukan beberapa percobaan di laboratorium. Sebagai acuan Anda bisa menilai kualitas bahan baku tepung yang akan dipakai dengan memotong atau memegangnya.

Langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan baku tepungnya. Pastikan bahwa bahan dasar tepung tidak menyimpan zat yang berbahaya. Bahan dasar tepung dapat direndam menggunakan air bersih terlebih dahulu barulah kemudian dikeringkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman bisa menyesuaikan dengan keperluan bahan dasar. Seandainya proses perendaman bahan dasar tepung memerlukan waktu yang lama, sebaiknya air yang dipakai mesti diganti setiap 12 jam sekali.

Bahan dasar tepung dijemur sampai kering sempurna dengan kadar air kurang lebih 10%. Setelah dikeringkan, tahapan selanjutnya yaitu tahap penggilingan bahan dasar tepung.

Proses penggilingan bahan baku tepung dapat Anda lakukan secara sederhana dengan menghaluskannya menggunakan alu dan lumping atau memakai alat penggiling tepung dari Ramesia. Dengan menggunakan mesin penggiling tepung dari Ramesia, tepung yang didapatkan akan begitu halus dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Ramesia memasok berbagai mesin penggiling tepung untuk bahan pangan kering dengan menggunakan disk mill dengan motor penggerak listrik pada alat penepung.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-tepung-daun-pepaya/
https://ramesia.com/

Bisnis Restoran Yuanita Christiani yang Heboh dan Unik


Membuka bisnis tentunya perlu disesuaikan dengan minat Anda. Dengan mempunyai usaha yang Anda gemari maka Anda akan merasa senang dalam menjalankannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu susah, mengapa? karena usaha yang Anda jalani merupakan salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

Apabila Anda mempunyai kegemaran dalam hal memasak, maka hal itu dapat saja Anda kembangkan menjadi kegemaran yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan yang kecil yang bisa membantu perekonomian keluarga Anda dalam bentuk kebutuhan pokok atau bahkan dengan penghasilan besar yang bisa mencukupi segala keperluan sekunder seperti, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu bisnis yang bisa memanfaatkan hobi Anda ialah membuka bisnis restoran atau rumah makan.

Bisnis restoran atau rumah makan memang menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap orang pasti memerlukan makanan kan? jadi bisa Anda bayangkan jika makanan yang Anda jual di sukai oleh pelanggan Anda.
Usaha restoran juga bisa mencapai keberhasilan karena menu yang ditawarkan sesuai dengan target konsumennya, yakni orang yang menyukai menu masakan tersebut, seperti restoran sea food.

Bisnis restoran atau rumah makan, kini terasa semakin berkembang pesat dalam dunia perdagangan. Setiap orang butuh makan, jadi tak heran, jika bisnis restoran atau rumah makan selalu tak ada matinya. Karena untuk mencukupi kebutuhan pokok tiap orang. Tetapi, untuk mengawali dan mengelola restoran juga tidak boleh asal-asalan karena bisa-bisa akan berhenti di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Bakso Ikan Gabus di Rumah
1. Menu Makanan
Menu masakan merupakan salah satu yang hal terpenting dalam suatu usaha restoran, karena menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi bila Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, maka lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang sekiranya paling laris dan terpopuler di daerah Anda. Anda juga bisa memilih menu makanan yang tidak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku dapat didapat dengan bekerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau dapat langsung berbelanja di pasar tradisional ataupun modern. Pastikan kualitasnya baik karena akan berpengaruh terhadap rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk bisa mengetahui keperluan konsumen, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, kompetitor terdekat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun perlu memilki sebuah ciri khas agar sang pelanggan tidak kesulitan untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen. Contohnya Anda dapat menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda jual.

5. Lokasi Restoran
Lokasi merupakan salah satu hal penentu dalam kesuksesan suatu bisnis restoran. Jadi apabila Anda ingin membuka sebuah usaha restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang bagus dan strategis untuk usaha Anda. Yang jelas pilih saja tempat yang ramai akan pengunjung. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda akan ramai pula.

6. Pelayanan
Pelayanan juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan suatu usaha restoran, sebab percuma saja bila pengunjung ramai namun pelayanan yang Anda berikan tidak memuaskan. Hal ini akan dapat menyebabkan restoran Anda tidak laku dan akhirnya gulung tikar.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Packing dan Packaging

Cara Membuat Sari Buah Pala yang Mudah